Review Jurnal
Judul Jurnal : Design of 3D Animation Special Effects in Animation 3D
Modeling Teaching Based on QFD Theory
Tahun Publish : 2017
Penulis : Qiang Wong
Abstract :
Menjelaskan tentang visual spesial efek yang muncul dan disinkron ketika video diputar yang digunakan untuk metode belajar agar menjadi lebih menarik dan meningkatkan efesiensi pembelajaran. Teknik pembelajaran digunakan kepada murid dan kemudian akan dibandingkan sebelum dan sesudah menggunakan untuk menarik kesimpulan.
Introduction :
Mengenai perkembangan pesat grafik komputer, jurnal ini membahas untuk meningkatkankan penggunaan 3D animasi untuk meningkatkan efesiensi pembelajaran. Dengan teknologi komputer, 3D world atau virtual reality bisa dijadikan sebagai pacuan untuk memudahkan modeling dan penggambaran visual yang dapat memicu otak menjadi lebih hidup dan meningkatkan batasan imajinasi.
Ulasan Penelitian :
Menurut pengguna yang sudah menggunakan, sistemnya digunakan cukup mudah dalam digunakan dan efektik untuk meningkatkan produksi animasi dengan visualisasi yang cukup bagus. Jika dibandingkan dengan metode mengajar menggunakan kapur(papan tulis), sistem ini menunjukkan hasil yang lebih baik karena jauh lebih mudah masuk ke dalam pikiran dan ingatan.
Analisa Model :
Teknik mengajar ini dievaluasi menggunakan teknik QFD (Quality Function Deployment), metode yang mengubah data kualitatif pengguna menjadi data kuantitatif yang bisa diukur. Data kualitatif yang didapat diubah menjadi grafik, matrix, dan charts sehingga kesimpulan bisa didapat dengan mudah.
Perangkat Pembelajaran yang Digunakan:
Sistem ini membutuhkan monitor unruk menunjukkan tampilan, CPU, database video, database animasi, perangkat pengolah kata, modul regulasi kecepatan.
Kesimpulan :
Metode pengajaran ini bisa meningkatkan kemampuan murid secara signifikan.
Metode mengajar menggunakan multimedia menyediakan materi yang banyak untuk dipelajari bagi pelajar.
Teori QFD dimulai dari meningkatkan kualitas cara pembelajaran , sehinggal evaluasi murid dan ekspetasi yang didapat dari mengajar bisa dianggap sebagai meningkatnya permintaan dari kualitas yang ada. Dengan cara ini, teknik mengajar bisa menjadi lebih baik.
Kekurangan :
Tidak disebutkan data spesifik berapa kali teknik ini digunakan, berapa banyak jumlah tanggapan poitif atau negatif dari murid atau guru, di mana sistem ini digunakan.
Kesenjangan waktu jurnal dipublish adalah tahun 2017, rata-rata data yang digunakan berupa hasil dari 2013, mengingat perkembangan teknologi sangat pesat, akan jauh lebih baik atau akurat jika data tahun > 2015 yang digunakan. (Saya kurang tahu kapan jurnal ini ditulis, jadi maaf kalau saya salah.)
Jurnal ini di review oleh Abdul Zahra Al Jehan (Universitas Gunadarma)
NPM : 50417022
Komentar
Posting Komentar