Perkembangan Teknologi Game

Tugas Softskill Pengantar Teknologi Game
Dosen : Priyo Sarjono Wibowo

Perkembangan Teknologi Hardware dan Software dalam Permainan Elektronik dari Sisi Waktu dan Kehidupan Sosial.

Teknologi game pertama kali muncul tahun 1950-an. Mengingat betapa cepatnya perkembangan teknlogi semenjak era globalisasi, perkembangan game dalam kehidupan sosial pun ikut berkembang. Yang awalnya game dibuat hanya untuk sekedar menghabiskan waktu, bersenang-senang, dijadikan hobi sampingan. Sekarang game sudah dijadikan ajang lomba(e-sport) dari yang skalanya kecil sampai skala besar. Semakin banyak pemain yang meminati dan menjadi bermain game sebuah pekerjaan, contohnya pemain e-sport, youtuber, tester game, dan lainnya.

Jika dilihat dari sudut pencipta game, yang awalnya hanya berupa tic-tac-toe, sebatas game dengan tampilan 8 bit, kemudian berubah menjadi dua dimensi, tiga dimensi, beserta efek-efek animasi yang menyilaukan. Semakin cepat perkembangan teknologi, semakin tinggi juga para pencipta game menciptakan game mereka. Perkembangan ini tidak hanya berpengaruh pada game atau pencipta game, tapi juga pada developer yang mengembangkan konsol untuk memainkan game tersebut.


Apa itu Konsol Game?

Konsol game adalah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk untuk memainkan video game. Permainan ditampilkan melalui layar monitor atau televisi dan alat pengendalinya disebut dengan controller.

Konsol game dibagi dengan dua jenis. 

- Konsol game biasa di mana perangkat atau konsol harus dihubungkan dengan layar atau televisi untuk bisa dimainkan seperti Playstation 1 atau Xbox. Ukurannya lumayan besar.

- Konsol game portable, konsol ini sudah memiliki layarnya sendiri sehingga tidak perlu dihubungkan pada televisi. Ukurannya kecil dan memiliki baterai sehingga bisa dibawa ke mana-mana.

Perkembangan Teknologi Game dari masa ke masa.

1. Teknologi Game Generasi Pertama (1952 - 1975)

Teknologi game pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 untuk membuat game Tic-Tac-Toe dan XOXO. Douglas mendemonstrasikan game buatannya melalui tesis dalam rangka mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Beberapa game berikutnya dibuat sangat sederhana seperti game tenis yang dilihat dari samping dan masih terbatas.

Mulai dari sini, lahirnya video game di mana beberapa mahasiswa memutuskan untuk menciptakan video game yang lebih menarik diikuti dengan rasa kreatifitas. Ini juga menjadi awal mula lahirnya perangkat atau konsol video game yang dibuat oleh perusahaan Magnavox Odyssey yang bisa dihubungkan dengan televisi.

2. Teknologi Game Generasi Kedua (1976 - 1983)

Pada generasi kedua, hadirnya game dengan grafik 4 bit dan 8 bit. Di tahun 1976, Fairchild bersama karyanya yaitu Video Entertainment System(VES) berhasil meningkatkan minat untuk teknologi game yang ada. Banyak perusahaan mulai menciptakan teknologi game berbasis konsol seperti Fairchild Channel F, Magnafox Odyssey, Attari 2600 sampai Attai 5200.

Pada era ini terlahir banyak game baru menggunakan suasana 3D. Namun, pada tahun 1983, penjualan konsol video game mulai berkurang dan ditinggalkan dikarenakan pencipta yang kurang kreatif ditambah dengan perkembangan PC yang semakin canggih sehingga orang-orang lebih memutuskan untuk membeli PC dari pada konsol game.

3. Teknologi Game Generasi Ketiga (1983 - 1986)

Pada akhir tahun 1983, konsol game baru buatan Nintendo yaitu Famicom/Nintendo Entertainment System merupakan konsol game pertama yang menampilkan gambar dan animasi beresolusi tinggi.  Pada tahun ini juga, game Super Mario dirilis di perangkat Famicom ini. Kehadiran Super Maria, membuat penjualan konsol game meningkat sehingga Nintendo akhirnya memperluas pemasarannya ke Amerika yang kemudian berhasil mendominasi pasar video game di sana. Hal ini membuat persaingan antar perusahaan konsol game Nintendo melawan SEGA.

4. Teknologi Game Generasi keempat (1988 - 1993)

Dengan larisnya penjualan Super Mario, di tahun 1988 Nintendo mengeluarkan konsol game barunya dengan generasi 16 bit ditambah dengan perubahan drastis pada gameplay, tata suara, grafik, dan lainnya. Di saat yang sama, SEGA ikut membuat konsol game yang memiliki gambar lebih tajam dan animasi yang lebih hasil jika dibandingkan dengan milik Nintendo. Meski begitu, usaha SEGA tidak mempengaruhi penjualan perangkat Nintendo. Sampai di tahun 1991, SEGA menciptakan game Sonic the Hedgehog yang akhirnya bersaing hebat dengan Super Mario.

5. Teknologi Game Generasi Kelima (1994 - 1999)

Setelah lama tidak terdengar, Atari kembali meluncurkan konsolnya yang diberi nama Atari Jaguar dengan tingkat kecanggihan setara SNES dan Mega Drive. Namun, dikarenakan penggunaannya yang cukup rumit, menjadikan orang-orang kurang tertarik. Berikutnya, Sony untuk pertama kalinya mengeluarkan konsol game berbasis CD yaitu Playstation yang menggunakan teknologi 32 bit.  

Konsol buatan berbasis CD berhasil menuaikan kesukesan dan berhasil mengalahkan Nintendo dan SEGA. Merasa tidak mau kalah, Nintendo kembali mengeluarkan konsol baru yaitu Nintendo 64, sedangkan SEGA merilis SEGA Saturn yang diciptakan dengan tujuan untuk mengalahkan konsol buatan Sony.

6. Teknologi Game Generasi Keenam (2000 - 2013)

Pada tahun 2000, Sony merilis Playstation 2 berbasis DVD dengan tampilan jauh lebih baik dari semua konsol milik Nintendo dan SEGA. Kemunculan Playstation 2 meninggalkan jauh teknologi game milik SEGA dan Nintendo. Pada generasi ini, Microsoft berhasil menyaingi Sony dengan konsol game miliknya yang bernama Xbox meski akhirnya masih tidak berhasil melampaui persaingan Playstation 2. Pada era ini, penjualan Playstation 2 menjadi puncak dari teknologi konsol game.

7. Teknologi Game Generasi ketujuh(2013 - 2018)

Pada era ini, Sony, Microsoft, dan Nintendo masih bersaing dan terus mengeluarkan konsol game versi baru buatan mereka. Sony mengeluarkan Playstation 3 dan Playstation 4. Nintendo mengeluarkan Nintendo Wii. Microsoft mengeluarkan Xbox 360 dan Xbox One. Ditambah dengan sistem online multiplayer dan Virtual Realty konsol game semakin lama akan semakin berkembang.


Refrensi :

Komentar